GERAKAN PRAMUKA SAKA BHAYANGKARA

SELAMAT DATANG DI BLOG SAKA BHAYANGKARA POLSEK DARMARAJA
KWARTIR RANTING GERAKAN PRAMUKA DARMARAJA


Wednesday 17 October 2012

RENUNGAN




Bacalah dengan teliti setiap pasal dua kali
Renungkanlah isi dan artinya selama satu menit penuh
Dan
Janganlah membuka halaman yang lain, sebelum kamu memberi jawaban yang jujur, tulus, ikhlas dan terus terang




Dengan membuka halaman baru ini,
halaman yang sebelumnya termasuk halaman yang lampau
demikian pulalah dirimu bila memberikan jawaban yang tidak memuaskan,
maka lampaulah pula suatu lembaran dalam hidupmu



Ada SATU yang pada sa’at ini mendengarkan segala
Jawaban yang dari isi hatimu………………………………………
……………………………………………………………………………………..
Tetapi yang juga memperhatikan segala keputusanmu
Untuk memulai sesuatu yang baru.




Makin tambah usia, makin cepatlah rasanya
Waktu berlalu.
Dengan perkataan lain:
Hidup ini tidak lama, dan segera akan lalu
Ya, mungkin esok hari sudah berakhir……………………………..
Bahkan nanti malampun maut mungkin menjemput.




Apakah aku telah menggunakan sebaik-baiknya hidupku
Yang dikaruniakan oleh TUHAN YANG MAHA ESA?


Apakah telah ku sia-siakan hidupku ini
Tanpa berbuat sesuatu yang bermanfaat?




Siapakah yang pernah ku tolong dalam hidupku?
Masihkah ada orang yang dapat ku tolong?






Dalam hidupku,
Terhadap siapakah aku bertindak tidak adil,
Dan siapakah yang pernah kulukai perasaannya?
Apakah yang dapat saya lakukan
Untuk memperbaikinya?



Kita tidak menerima upah atau balas jasa atas bantuan
Yang kita berikan,
Dengan demikian justru kita membina diri sebagai
Pribadi yang mandiri.
Kita tidak bekerja sabagai orang upahan, melainkan
Untuk TUHAN dan demi hati Nurani kita.
Ini menjadikan kita manusia yang berpribadi.

Bila kita bergabung kedalamnya,
Golongan Penegak Gerakan Pramuka adalah
“ PERSAUDARAAN BAKTI “
Kita akan mendapat kesempatan yang luas untuk
Melatih diri dan berbakti.
Berbakti harus menjadi sikap hidup kita, sehingga kita
harus senantiasa mencari kesempatan dan
kemungkinan untuk berbakti setiap waktu.



Apakah aku menjadi Penegak itu
Hanya untuk bersenang-senang saja?


Apakah kini aku bertekad untuk berbakti dengan
Semangat pengorbanan diri?




Apakah arti
“ BAKTI “
Bagiku?






Apakah dalam semua niat dan usahaku, aku
Sungguh-sungguh lebih memikirkan kepentingan orang
Lain dari pada kepentingan diriku sendiri?






“ BAKTI “  yang manakah yang paling tepat bagiku?
Dirumah?
Dalam pekerjaan?
Dalam waktu terluang?




Keberhasilan “ BAKTI “ kita, sebagian besar
Tergantung pada watak pribadi kita.
Maka dari itu, kita wajib menegakan disiplin
Atas diri kita sendiri, agar dapat
Memberi pengaruh kepada orang lain.






Apakah aku sekarang berniat untuk melepaskan
Kebiasaan yang buruk,pada masa lampau?




Kelemahan-kelemahan yang manakah yang ada
Pada diriku?
Apakah aku :
Jujur
Setia
Dan dapat dipercaya?




Apakah aku taqwa pada TUHAN
Apakah aku setia pada Tanah Air, Nusa dan Bangsa,
Pada Gerakan Pramuka, Pada Orang Tua,
Pada bawahan, pada teman-teman, dan
Juga pada diriku sendiri?





Apakah aku bersifat peramah,
Riang gembira dan sopan terhadap orang lain?








Apakah aku,
Suci dalam pikiran,perkataan dan perbuatan?






Apakah aku mepunyai keberanian dan kesabaran
Untuk terus berusaha,
Bila menghadapi rintangan di dalam hidupku?


Apakah aku mempunyai keteguhan hati dan kekuatan jiwa
Untuk memerangi godaan-godaan,

Dan untuk mempertahankan dan untuk
mencemarkan
Kehormatanku sebagai                                kehormatanku sebagai
Gadis remaja atau wanita?                         Gadis remaja atau wanita?
( bagi Putri )                                ( bagi putra )                                                                                  


Pada halaman ini Ambalan/Racana dapat mengajukan
Beberapa pertanyaan.










Apakah aku sekarang ini sadar akan kelemahan-kelemahanku,
Apakah aku di sini dan kini berniat memutuskan,
Untuk mengawasi dan melepaskan diri dari kelemahan-
Kelemahan itu dengan Rakhmat
TUHAN YANG MAHA ESA?





YA, TUHAN
Karuniakanlah kepada hamba,
Kekuatan untuk berjalan terus dan maju sebagai
Manusia sejati, sebagai Warga Negara yang Utama,
Yang berguna bagi Agama, Tanah Air, Nusa dan Bangsaku.
Amin, Amin, TUHANKU< Amin



Kini,
Isilah dalam hati dan budimu:



Aku berniat :






Bilamana kamu sudah mengambil keputusan,
Renungkanlah sejenak,
Dan tunggulah sampai di jemput kembali.







Bila masih ada pertanyaan-pertanyaan yang timbul
Dalam hatimu,
Pembinamu bersedia untuk membicarakannya
Dengan kamu.






Bilamana kamu mengucapkan TRISATYA sebagai
Seorang Penegak,
Maka hendaknya perbuatanmu itu benar-benar
Bersifat sukarela yang murni.






Ingat dan resapi selalu :
DI SANA AKU BERDIRI
MENJADI PANDU IBUKU !

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting